Selasa, 15 Desember 2009

Kongres III Koalisi Perempuan Indonesia: PR Besar Tantangan Bersama

Kongres III Koalisi Perempuan Indonesia: PR Besar Tantangan Bersama

PR Besar Tantangan Bersama

Jurnalperempuan.com-Depok. Sejak sepekan lalu (14-18 Desember 2009) Koalisi Perempuan Indonesia menggelar Kongres Nasional III Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) di Graha Insan Cita Depok. Upaya meningkatkan partisipasi politik perempuan, Gender Budgeting, Anti trafficking, meluapnya produk perda diskriminatif sejak otonomi daerah menjadi fokus advokasi KPI lima tahun ke depan untuk turut mendesakkan revisi terhadap kebijakan-kebijakan tersebut.

Demikian pernyataan mantan Sekjen KPI Masruchah dalam konfrensi pers, Jumat (18/12) di tempat yang sama. Ia menambahkan, KPI juga mengeluarkan petisi mengenai krisis global sebagai bentuk partisipasi dalam Konsensus Global Climate Change di Kopenhagen, Denmark. Bahkan secara kultural, Masruchah mengemukakan, KPI berecana mengadakan temu nasional antar aktifis NGO, organisasi massa, dan akademisi untuk membahas isu-isu gender dan perempuan pada tahun 2010-2011. Selain itu KPI juga akan meningkatkan pendidikan tentang perempuan, gender, keadilan dan demokrasi kepada seluruh anggota.

Kongres yang dihadiri oleh 437 orang delegasi dari wilayah, Cabang dan Focal Point. Delegasi dari wilayah adalah Nangroe Aceh Darussalam, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah , Daerah Istimewa Jogyakarta , Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah , Nusa Tenggara Timur, Nusa Barat, Sedangkan delegasi cabang dari : Tanggerang, Palembang, Bandar Lampung, Pontianak, Samarinda, Kutai Kartanegara, Tarakan, Manado, Minahasa Utara. Sedangkan Focal point adalah: Bangka Belitung, Batam, dan Papua. Sekitar 50 orang hadir sebagai peninjau.

Agenda lain yang tak kalah penting dalam Kongres Nasional III adalah terpilihnya Dian Kartikasari SH sebagai Sekretaris Jenderal Koalisi Perempuan Indoesia periode 2009-2014 dan serta lima Presidium Nasional periode 2009-1014; yaitu: Zohra Andi Baso, Luki Paramita, Damairia Pakpahan, Fitriyanti dan Ana Komsanah.

Kepengurusan Baru periode 2009-2014 ini merupakan hasil Pemilihan Langsung Koalisi Perempuan Indonesia yang telah ditetapkan dan disahkan dalam sidang yang dipimpin Kentjana Indrishwari, Merlin dan Nadira Madison.

Serah terima jabatan dari Masruchah, sekretaris Jenderal periode 2004-2009 kepada Dian Kartika Sari sebagai Sekretaris Jenderal periode 2009-2014 berikut pelantikannya dilaksanakan dalam sidang yang dipimpin oleh Hanifah Muyasharah, Jumat (18/12) di GIC Depok.


Dipa Ena

Tidak ada komentar:

Posting Komentar